BeritaNasionalTeknologi

Digitalisasi Perkuat Pelayanan Publik di Sidoarjo, Jadi Contoh Nasional

SIDOARJO, INLENS.idDigitalisasi semakin mempermudah pelayanan publik di Kabupaten Sidoarjo. Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengapresiasi penggunaan teknologi digital di Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo yang membuat proses administrasi menjadi lebih tertib, efisien, dan cepat.

“Kami sangat senang melihat bagaimana teknologi digital diterapkan di MPP ini. Sistem one-stop service mempermudah masyarakat, bahkan di tengah musim libur panjang Nataru. Pelayanan publik menjadi lebih cepat dan tertib,” kata Nezar saat mengunjungi MPP Sidoarjo, Jumat (3/1/2025).

Inovasi Sistem One-Stop Service

MPP Sidoarjo menghadirkan layanan administrasi dan perizinan dari berbagai dinas di satu tempat, memberikan kemudahan bagi masyarakat. Nezar menyebut sistem ini patut dijadikan model untuk kabupaten dan kota lain di Indonesia.

“Kita harapkan MPP ini menjadi contoh, tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Jawa. Layanan publik seperti ini harus dapat diakses dengan mudah oleh semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga  Perkembangan Teknologi AI Ciptakan Peluang Baru di Dunia Kerja
Pengalaman Pengguna dan Efisiensi Layanan

Dalam kunjungan tersebut, Nezar sempat berbincang dengan seorang pemuda penyandang disabilitas yang mengurus perpanjangan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dengan sistem digital, proses berjalan lancar dan cepat.

“Sistemnya sangat efisien. Pelayanannya cepat, antreannya tertib, dan kebutuhan masyarakat tetap terlayani dengan baik,” ungkap Nezar.

Dukungan Pemerintah Kabupaten

Nezar Patria juga didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi MPP, Arif; Sekretaris Dinas Sosial, Zuhaida; serta Kepala Bidang Penanaman Modal/Pengelola MPP, Anita Inggit. Mereka menjelaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi demi pelayanan publik yang lebih baik.

1 2Laman berikutnya

Related Articles