ArtikelTeknologi

Cara Membuat Konten Sosmed yang Menarik untuk Pemula

INLENS.id – Saat ini cara membuat konten yang menarik di sosmed bisa dilakukan dengan mudah. Konten sosmed perlu dibuat dengan sungguh-sungguh untuk bisa meningkatkan penjualan. Pelaku bisnis harus tahu cara membuat konten sosmed yang menarik agar bisa tepat sasaran. Pembuatan konten perlu memperhatikan beberapa faktor, dimana hal itu akan diulas secara jelas di sini.

Cara Membuat Konten yang Menarik

Kehadiran sosial media membuka jalan dan memberikan peluang bagi bisnis untuk bisa berkembang dengan pesat. Pembuatan konten medsos sendiri adalah elemen penting yang perlu diperhatikan.

konten sosmed yang berkualitasSetiap konten merupakan bagian dari marketing online, oleh karena itu pembuatannya harus dipertimbangkan dan dibuat dengan sungguh-sungguh. Konten yang baik akan membantu bisnis menjangkau audiens lebih banyak dan meningkatkan penjualan.

Baca juga Instagram Tambah Fitur Baru: Share Lokasi di DM

Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan proses pembuatan konten medsos yang baik. Tak sedikit pengguna medsos yang memposting konten berdasarkan mood atau emosi. Padahal hal tersebut perlu dihindari karena konten seperti itu bisa menjadi boomerang. Baiknya buatlah konten sosmed seperti berikut ini:

1. Buatlah yang Berkualitas

Konten yang solid artinya berkualitas tinggi. Isi yang tercantum memiliki kualitas yang baik. Mulai dari resolusinya, pemilihan warna, topik yang diangkat berbobot, dan lain sebagainya.

Agar bisa membuat kontur dengan kualitas tinggi tanamkan dalam diri untuk membuat karya yang bisa dijadikan investasi. Jadi ketika membuat sebuah konten, prosesnya tidak asal-asalan. Pembuatan konten sosmed seperti itu mungkin akan membutuhkan waktu yang lama namun hasilnya pasti memuaskan.

Agar konten ini kualitasnya sesuai kebutuhan, lakukan penentuan target pasar dulu. Asalkan siapa yang menjadi target pemasaran jelas, isi konten dapat dibuat dengan berkualitas sesuai target itu sendiri.

2. Jangan Lupakan Value

Konten memang dibuat untuk menarik perhatian audiens. Namun jangan lupakan untuk menambahkan value dalam konten yang dibuat. Pastikan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi audiens.

Semakin banyak orang yang merasa konten sosmed tersebut bermanfaat, semakin banyak pula orang yang membagikannya. Hal ini dapat dikatakan konten sosmed yang dibuat telah tepat sasaran dan berhasil. Jika konten tersebut hanya mengandalkan tampilan yang menarik tanpa ada value atau manfaatnya, sulit untuk bisa menjangkau audiens lebih luas.

Konten yang bermanfaat ini bisa disesuaikan dengan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Setiap jenis usaha pasti memiliki manfaat bagi konsumen. Tinggal bagaimana mengemas informasi tersebut ke dalam konten sosmed agar bisa meningkatkan brand awareness.

3. Gunakan Sistem Polling pada Konten Sosmed

Pada sebuah akun media sosial, audiens adalah aset yang utama. Ketika akan membuat sebuah konten sosmed, cobalah untuk membuat polling topik apa yang ingin diangkat menjadi konten berikutnya.

Dengan melibatkan audiens yang ada,  komunikasi baik dengan audiens akan terjaga. Selain itu, ide dari audiens biasanya beragam jadi bisa membantu dalam mencari topik konten secara lebih detail dan berbobot.

1 2Laman berikutnya