Pemkot Pangkalpinang Ikut Sosialisasi IKK 2025, Komitmen Tingkatkan Kualitas Kebijakan Publik

PANGKALPINANG, INLENS.id – Pemerintah Kota Pangkalpinang terus menunjukkan keseriusannya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan, khususnya dalam meningkatkan kualitas kebijakan publik. Salah satu langkah nyatanya yakni dengan berpartisipasi dalam Sosialisasi Pengukuran Nasional Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) Tahun 2025 yang digelar oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Rabu (11/6/2025).
Kegiatan sosialisasi ini berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting dan diikuti langsung dari Smart Room Center (SRC) Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Akhmad Subekti, hadir mewakili Penjabat Wali Kota Pangkalpinang, M. Unu Ibnudin.
IKK merupakan alat ukur strategis yang dirancang LAN RI untuk mengevaluasi kualitas kebijakan dari hulu ke hilir—mulai dari perencanaan, pengumpulan data, analisis masalah, perumusan, pelaksanaan, hingga tahap evaluasi.
“IKK ini sangat penting. Awalnya saya pikir ini hanya semacam indeks kinerja biasa. Tapi ternyata ini adalah alat ukur menyeluruh untuk menilai mutu kebijakan, dan disusun langsung oleh LAN RI,” ujar Subekti usai mengikuti kegiatan.
Subekti menambahkan, keberadaan IKK menjadi pemicu bagi seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk terus berlomba menciptakan kebijakan yang tidak hanya tepat guna, tetapi juga berdampak nyata bagi masyarakat.
“Ini bukan sekadar membuat kebijakan, tapi bagaimana kebijakan itu bisa dibuktikan manfaatnya. Ada evaluasi setiap tahun, jadi seluruh pemerintah daerah dan kementerian terpacu untuk terus berbenah,” tegasnya.
Partisipasi aktif Pemkot Pangkalpinang dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen kuat untuk terus mendorong tata kelola yang transparan, terukur, dan berbasis data. Dengan pendekatan yang lebih sistematis, diharapkan kebijakan-kebijakan yang dihasilkan dapat lebih tepat sasaran dan memberi dampak positif yang luas bagi masyarakat.
“Harapannya, kualitas kebijakan di lingkungan Pemkot Pangkalpinang terus meningkat. Dengan begitu, pelayanan publik kepada masyarakat pun akan semakin optimal,” tutupnya. (yak)