BeritaInternasional

KBRI Sarajevo Promosikan Indonesia di Diplomatic Winter Bazaar 2024

INLENS.id – Awal Desember 2024, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sarajevo kembali memukau pengunjung Diplomatic Winter Bazaar (DWB) di Mirza Delibasic Hall, Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 7 Desember 2024, ini diikuti sekitar 50 perwakilan asing, 18 vendor swasta, dan sponsor, dengan kehadiran lebih dari 15.000 pengunjung.

KBRI Sarajevo memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan kelezatan kuliner Indonesia seperti sate ayam, bakso, dan rendang. Tak hanya itu, makanan ringan khas Indonesia dan kerajinan tangan seperti syal batik, tas rotan, hingga gantungan kunci turut diperkenalkan. Antusiasme pengunjung sangat tinggi, terbukti dari habisnya semua makanan sebelum acara berakhir.

Partisipasi ini merupakan bagian dari upaya gastrodiplomasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk mendukung program “Indonesia Spice Up the World” yang bertujuan memperkenalkan kuliner Nusantara ke dunia. Program ini telah berjalan sejak 2021, dengan berbagai inisiatif dari perwakilan Indonesia di luar negeri untuk memperkenalkan makanan khas sebagai bagian dari strategi diplomasi budaya.

Baca juga  Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif, Polres Bangka Tengah Turut Meramaikan NgabubuArt 2025

Untuk memperkuat upaya ini, Kemlu RI meluncurkan Dashboard Gastrodiplomasi Indonesia pada 30 Desember 2024. Dashboard ini merupakan platform data yang mencatat keberadaan restoran Indonesia dan produk rempah di luar negeri. Berdasarkan survei Kemlu RI pada Maret hingga Mei 2024, tercatat ada 1.221 restoran Indonesia di berbagai negara.

Menteri Luar Negeri RI, Sugiono, menegaskan pentingnya gastrodiplomasi sebagai strategi soft power diplomasi. “Kuliner adalah jembatan kebudayaan yang efektif, berpotensi meningkatkan ekonomi, perdagangan, dan hubungan internasional,” ujarnya. Menlu juga menyoroti pentingnya kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah, UMKM, diaspora, dan industri kuliner, untuk menjadikan kuliner Indonesia sebagai bagian dari branding nasional.

1 2Laman berikutnya

Related Articles